Uncategorized

Membuat genset rakitan / Genset Tanpa Memakai BBM

Seiring Isu kenaikan BBM yang sangat meresahkan juga memberikan dampak yang cukup banyak terhadap pertumbuhan ekonomi indonesia, tentunya kita saat ini kita diharuskan lebih berhemat agar kebutuhan lainnya dapat terpenuhi maka dari itu perlu membuat genset rakitan.

Listrik sekarang merupakan kebutuhan primer yang kita tak bisa lepas dari energi yang satu ini, karna semua alat dan pekerjaan kita pastinya membutuhkan sumber energi listrik.

Ketergantungan kita terhadap energi membuat kebutuhan energi semakin meningkat, tetapi sekarang ini pemerintah yang sebagai penyedia dan pemasok energi ke masyarakat dinilai tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang setiap tahunnya meningkat.

Saat ini pembangkit listrik milik pemerintah mengandalkan energi fosil seperti minyak bumi dan batubara yang semakin lama akan semakin berkurang ketersediaannya, dan juga memiliki dampak lingkungan.

Pemanfatan energi alternatif sekarang juga digalak kan untuk menggantikan ketergantungan terhadap energi fosil seperti BBM, ide-ide kreatif seperti pemanfaatan sinar mata hari, angin dan air juga telah diaplikasikan untuk menggantikan ketergantungan tersebut, namun biaya dalam pengaplikasian pemanfaatan energi tersebut dianggap cukup mahal dan kurang flexible jika di aplikasikan untuk sektor bisnis yang berpindah-pindah.

Penggunaan Generator listrik dijadikan alternatif untuk menghasilkan energi listrik yang sekarang banyak dijual dengan menggunakan motor berbahan bakar fosil, yang tentunya memakan biaya cukup mahal dan pemeliharaan yang juga memakan biaya.


Untuk mewujudkan mimpi dalam membangun energi murah, aman dan ramah lingkungan tentu saja kita memerlukan pengetahuan yang cukup. seperti yang pernah kita pelajari saat kita duduk dibangku SLTP tentang hukum kekekalan energi “energi dapat berubah bentuk ke bentuk yang lain, tetapi tidak dapat di ciptakan maupun di musnahkan”. sumber:www.wikipedia.com.

dari hukum kekekalan energi tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa energi hanya bisa berubah bentuk, nah.. kita ingin menghasilkan energi listrik kan? pertanyaannya:

Bagaimana merubah bentuk energi yang mudah di dapat sehingga menghasilkan energi listrik?

Sebelum menjawab pertanyaan diatas, kita telusuri pemanfaatan energi listrik yang umum digunakan, energi listrik umum digunakan untuk elektronik dan motor listrik yang menghasilkan tenaga gerak. dan gerakan itu di manfaatkan sedemikian rupa untuk keperluan seperti kipas angin, pemutar mesin dan sebagainya. listrik dihasilkan melalui mesin generator dan di putar menggunakan tenaga gerak seperti kincir atau turbin maupun mesin.

nah dari uraian di atas kita simpulkan bahwa listrik dihasilkan melalui tenaga gerak dan listrik dapat menghasilkan tenaga gerak.

Gambar di atas menunjukkan bahwa motor listrik menggerakkan generator, motor listrik di nyalakan dengan aliran listrik, sedangkan motor generator menghasilkan energi listrik.

apakah menurut anda bisa direalisasikan? yang mana pertama kali tenaga dari motor dihidupkan dengan listrik untuk memutar generator, lalu generator menghasilkan listrik dari energi putar dari motor dan disalurkan kembali ke motor listrik dengan menggunakan swict atau saklar.

Teorinya cukup mudah, namun pasti ini tidak dapat direalisanikan karna beban dari motor juga berpengaruh terhadap putaran dari generator,




Jadi bagaimana untuk mengendalikan beban motor saat motor dialiri listrik dari generator?

Untuk mengatasi beban dari motor listrik, kita memanfaatkan sebuah penyeimbang putaran seperti fly weel atau roda gila, yang mana momen yang dihasilkan dapat menstabilkan putaran baik itu dalam mesin bermotor bakar, maupun mesin motor listrik.

seperti gambar diatas, namun ini juga tidak menjamin dalam mengendalikan beban putaran dari motor listrik tersebut, namun setidaknya dapat membantu dalam soal tenaga putar, nah untuk dapat kita realisasikan dan listrik dapat dihasilkan dengan tenaga dia sendiri maka kita perlu membuat perubahan gaya dengan menggunakan sistem gear atau balting, fungsinya untuk mempermudah kinerja motor dan memberikan gaya dorong atau putar yang kuat ke generator,

Apa itu Flywheel?

flywheel merupakan piringan yang karena beratnya dapat menahan perubahan kecepatan yang draktis sehingga gerak putar poros menjadi lebih halus .

flywheel memiliki kepadatan energi hingga ratusan kali lebih banyak dibandingkan dengan batray serta dapat melepaskan energi dengan lebih cepat. energi disimpan secara mekanik di flyweel dengan memutar porosnya.


Untuk Mendapatkan energi yang bermanfaat, poros flywheel harus diputar dengan cepat, maka energi yang tersimpan di roda flywheel akan digunakan oleh generator untuk merubah energi mekanik menjadi energi listrik. flywheel dapat menghasilkan energi karna momen Inersia.

Apa itu Momen Inersia?


Momen Inersia merupakan sifat yang dimiliki oleh sebuah benda untuk mempertahankan posisinya dari gerak dan ukuran resistansi/kelembapan sebuah benda terhadap perubahan dalam gerak rotasi, momen Inersia terhadap benda yang berbentuk cakram adalah sebagai berikut:


Dengan memanfaatkan momen tersebut kita dapat mengarahkan energi dari flywheel ke generator listrik.


Dengan memanfaatkan system ini memungkinkan untuk menjaga kecepatan dan moment putar yang dihasilkan oleh motor listrik . tinggal kita menyusun sistem pengkabelan yang sederhana
memungkinkan motor dapat bekerja sendiri memalui listrik yang dihasilkan oleh generator,

Cara ini telah banyak yang mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. bukan saja di luar negri, di indonesia pun telah banyak yang menggunakannya, namun keterbatasan expose dari media dan dukungan dari pemerintah, sistem ini tidak dapat direalisasikan, smoga saja dengan pemerintahan yang baru ini, dapat merealisasikan untuk menunjang produktifitas di desa-desa yang tidak terjangkau oleh jaringan listrik, dan dapat mengapresiasi kita untuk lebih kreatif memanfaatkan sumber daya yang ada tanpa harus bertergantungan terhadap bahan bakar fosil.

No comments

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*